Ornamen masjid salah satunya adalah kaligrafi, dimana umumnya di tempatkan pada dinding masjid. Tetapi tidak sedikit yang menjadikan kaligrafi sebagai decorasi rumah. Kerajinan kaligrafi tembaga kuningan satu dari beberapa jenis kaligrafi yang terindah. Jenis kaligrafi ini yang banyak di terapkan pada interior masjid nabawi.

Logo 3D

Proses Pembuatan Kaligrafi

Kerajinan Kaligrafi tembaga kuningan adalah proses pemahatan atau ukir pada lembaran plat tembaga/kuningan mengikuti pola gambar yang sudah di buat. Pola ini di cetak pada lembaran kertas kemudian di tempel pada plat yang sudah di siapkan. Bisa juga langsung menggambar pada plat dengan pencil/spidol sebagai pola  sebelum di tatah/ukir.

Baca Juga : Harga Replika Pintu Masjid Nabawi

Mengenal Seni Kaligrafi

Kaligrafi lebih di kenal pada agama islam, sering disebut Kaligrafi Arab, biasanya berlafaz penggalan ayat Alquran, nama nabi atau Asmaulhusna. Para seniman kontemporer di dunia islam menggali warisan kaligrafi mereka dan menggunakan tulisan kaligrafi atau abstaksi dalam berbagai karya seni.

Kerajinan kaligrafi sebenarnya merupakan bagian dari seni kerajinan relief, yaitu suatu seni pahat atau ukir dalam bentuk 3D (tiga dimensi). Kerajinan kaligrafi tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, karena mayoritas orang Indonesia beragama islam yang tidak asing dengan huruf arab. Pada umumnya seni kaligrafi dibuat dalam bentuk 2 dimensi pada kanvas, atau kain. Namun Kreasi Logam membuat kerajinan kaligrafi berbahan logam tembaga dan kuningan sehingga bisa lebih awet dan lebih indah.

Lihat Juga : Beragam Bentuk Lampu Gantung Masjid

Selain memiliki bentuk dan warna yang khas dan unik, kuningan juga mudah dalam perawatannya. Kerajinan kaligrafi memang cocok jika di pajang diruang tamu atau interior masjid. Keberadaan kerajinan  kaligrafi dari logam tembaga atau kuningan di rumah atau masjid tentu akan semakin memperindah ruangan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *